Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Senin, 14 September 2020

Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru SD di Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi


Dengan adanya pandemi COVID-19 kita harus tinggal di rumah dan belajar dari rumah, namun sebagian besar guru tidak siap, sehingga yang terjadi di lapangan, guru hanya memberikan tugas-tugas saja. Sehingga siswa merasa terbebani dan bingung. Dan hal ini berlangsung sampai pada kelulusan dan kenaikan kelas. Untuk itu di tahun pelajatan  2020/2021 Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi mengadakan pelatihan video pembelajaran kepada guru Sekolah Dasar di Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi untuk menghasilkan konten materi pembelajaran dalam bentuk digital berupa video pembelajaran yang bisa ditransfer ke semua guru sehingga proses pembelajaran tidak lagi hanya penugasan, tapi sudah ada materi yang bisa diberikan kepada siswa. 

Untuk tetap mengikuti protokol kesehatan, maka Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di 19 kecamatan dalam kegiatan Pusat Kegiatan Guru (PKG) di tiap Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan se-Kabupaten Ngawi mulai tanggal 15 - 25 Juli
2020. 

Dan syukur Alhamdulillah, saya dipercaya untuk bisa berbagi dengan rekan-rekan guru di Kabupaten Ngawi sebagai Narasumber dalam kegiatan pelatihan tersebut. Pengalaman yang saya dapatkan dari bimbingan dan pelatihan selama mengikuti kegiatan Pembatik (Pembelajaran Berbasis TIK) Kemendikbud Tahun 2020 memberikan saya inspirasi untuk bisa berbagi berbagai tehnik dan cara yang memudahkan para peserta dalam pembuatan video pembelajaran yang menarik bagi peserta didik.

Dan yang luar biasa, semangat peserta pelatihan yang begitu gigih dalam belajar. Hal yang selama ini dianggap sesuatu yang sulit untuk bisa membuat sebuah media pembelajaran audio visual  dalam bentuk video pembelajaran, melalui kegiatan pelatihan yang dikemas dengan model IN ON IN menjadikan sesuatu hal yang luar biasa dengan adanya hasil karya berupa konten video pembelajaran yang mampu mereka selesaikan dalam waktu 1 minggu. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Drs. Muhamad Taufiq Agus Susanto sangat mengapresiasi dan merasa bangga dengan hasil karya peserta pelatihan yang berupa video pembelajaran setelah mengikuti pelatihan ini. Potensi guru-guru di Kabupaten Ngawi sangat luar biasa, kesulitan di masa pandemi covid19 memberikan semangat yang luar biasa bagi guru untuk bisa berkarya dan berinovasi. 

#pembatiklevel4jatim

#pembatik2020

#rumahbelajar

#pusdatinkemendikbud

0 comments:

Posting Komentar