Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Senin, 23 November 2020

PEMANFATAAN RADIO SUARA EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN


Radio Suara Edukasi sumber belajar yang menyediakan materi pembelajaran dalam bentuk audio. Materi yang disediakan mencakup jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekoah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu, tersedia juga info edukasi untuk umum. Untuk jenjang PAUD materi yang disediakan berupa dongeng atau cerita rakyat. Untuk jenjang SD, SMP dan SMA materi podcast yang disediakan berupa materi pembelajaran. Laman Suara Edukasi dapat diakses di http://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/. Contoh konten untuk jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA antara lain:

  • Topik “Tupai dan Tikus” untuk jenjang PAUD, referensi yang dapat digunakan http://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/dongeng-paud/ 
  • Topik “Gaya Gesekan” untuk jenjang SD, referensi yang dapat digunakan http://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/ipa-sd/ 
  • Topik “Bertamasya” untuk jenjang SMP, referensi yang dapat digunakan http://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/bahasa-indonesia-smp/ 
  • Topik “Teknik Membaca Cerpen” untuk jenjang SMA, referensi yang dapat digunakan http://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/


Selain fitur audio podcast, laman Suara Edukasi juga memiliki fitur siaran radio live. Pada siaran radio live, selain konten pembelajaran juga tersedia pengetahuan umum. Programprogram pada siaran Suara Edukasi live meliputi Sapa Edu, Info Edu, Kita Perlu Tahu, Bintang Edu dan Suara Rohani. Program-program tersebut dibawakan langsung oleh penyiar dan besifat interaktif. 

  • Sapa Edu 
Menyajikan program acara yang menarik, inspiratif, menghibur dan mendidik, antara lain: menyampaikan informasi penyuluhan, mengenalkan musik dan lagu, baik lagu populer maupun lagu daerah, menyajikan pengetahuan & wawasan seputar peran bunda dalam pendidikan anak, serta menanamkan kepribadian dan pengetahuan anak, serta memberi sebuah wacana dan bentuk apresiasi bagi pendengar.
  • Perlu Tahu 
Merupakan program yang menyajikan hiburan dan Informasi pengetahuan umum, beragam tips, motivasi dan informasi singkat seputar isu terkini. Juga disertai dengan program hiburan berupa pemutaran lagu-lagu hits terkini. 

  • Info Edu 
Menyajikan informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan, berupa informasi kegiatan atau berita yang disampaikan penyiar secara live. 
  • Bintang Edu 
Menyajikan informasi meliputi kebijakan, kegiatan, dan peringatan hari besar nasional yang berhubungan dengan dunia pendidikan, serta memperluas informasi seputar dunia pendidikan melalui proses diskusi. 
  • Suara Rohani 
Menanamkan pesan moral yang sesuai dengan jiwa agama, mengenalkan sifat baik, buruk, terpuji, dan tercela serta menanamkan keteladanan akhlak dan budi pekerti guna mendukung pembinaan kepribadian anak. Adapun jadwal program siaran interaktif tersebut dapat dilihat di menu Program Acara pada laman Suara Edukasi http://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/program-acara/

Media yang disediakan oleh layanan suara edukasi dalam bentuk audio (podcast) yang dapat diakses dan diunduh melalui laman suara edukasi. Tahapan/prosedur berikut dapat menjadi acuan bagi Anda untuk memanfaatkan media yang disediakan oleh layanan suara edukasi dalam proses pembelajaran yaitu: 
a. Melakukan analisis terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah anda susun. Analisis akan menghasilkan kebutuhan media yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Tuliskan kebutuhan media ke dalam RPP.
b. Anda melakukan proses identifikasi ketersediaan media pembelajaran yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran melalui laman suara edukasi. Contoh: Mata pelajaran Matematika untuk Topik “Hubungan antar satuan luas dan volume”, referensi yang dapat digunakan antara lain:


c. Pada saat pelaksanaan pembelajaran, Anda dapat memberikan penugasan kepada siswa untuk mengakses laman suara edukasi dan menggunduh materi pelajaran yang sudah ditentukan. 
d. Setelah siswa mengunduh materi tersebut, Anda menugaskan siswa untuk mendengarkan atau menyimak podcast pembelajaran tersebut. 
e. Anda dapat memberikan penugasan kepada siswa setelah mereka selesai mendengarkan atau menyimak podcast materi pelajaran. Anda dapat memberikan variasi penugasan kepada para siswa seperti membuat ringkasan terhadap materi yang baru saja selesai pelajari atau meminta siswa melakukan presentasi terkait materinya. 

0 comments:

Posting Komentar