Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Sabtu, 21 November 2020

PANDUAN MEMBUAT AKUN RUMAH BELAJAR


Agar pengguna dapat menggunakan fitur-fitur pada portal Rumah Belajar secara optimal, seperti unduh file BSE dalam format BSE, maka pengguna perlu melakukan registrasi atau login terlebih dulu pada menu Daftar atau Login. Berikut ini prosedur Login akun Rumah Belajar (Daftar bagi pengguna baru).

Menyiapkan perangkat komputer/laptop/tablet/smartphone yang sudah terkoneksi dengan internet. Kemudian, buka portal Rumah Belajar dengan menggunakan browser yang tersedia di perangkat pengguna dengan alamat URL http://belajar.kemdikbud.go.id. Portal Rumah Belajar dapat dibuka melalui berbagai macam browser yang ada seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer, Edge, atau jenis browser yang lainnya.

Login ke Rumah Belajar dengan cara inputusername dan password. (Bagi pengguna yang sudah memiliki akun Rumah Belajar.)

Bagi pengguna baru yang belum memiliki akun Rumah Belajar, klik tombol Daftar yang terdapat pada bagian kanan atas halaman utama Rumah Belajar. Kemudian, pilih tipe pendaftar sesuai dengan pengguna yang bersangkutan. Terdapat tiga tipe pengguna Rumah Belajar yaitu pendidik, peserta didik, dan umum seperti yang ditampilkan pada gambar berikut  ini.



Bagi pengguna tipe pendidik, data yang harus diisi antara lain data pribadi pengguna dan data sekolah tempat pengguna bekerja. Jika sekolah pengguna belum terdaftar, pengguna dapat menambahkan nama sekolah pengguna secara manual dengan cara klik tombol “+” sehingga muncul form penambahan sekolah. Kemudian, pengguna mengisi dan menyimpan form tersebut sehingga sekolah pengguna terdaftar di database Rumah Belajar. Selanjutnya, pengguna mengisi kolom username dan password yang diinginkan, mencantumkan alamat email pengguna, serta menuliskan kode captcha sesuai dengan tulisan yang muncul pada gambar. Langkah dan isian yang harus diisi pada form pendaftaran untuk pengguna tipe peserta didik dan umum kurang lebih sama. Berikut ini tampilan halaman form pendaftaran pengguna tipe pendidik.



Berikut ini tampilan halaman form pendaftaran untuk pengguna tipe peserta didik

Berikut tampilan halaman form pendaftaran untuk pengguna tipe umum



0 comments:

Posting Komentar