Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Minggu, 22 November 2020

WEBINAR PEMANFAATAN KELAS MAYA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

 


Seperti apa “Pemanfaatan Kelas Maya dalam Pembelajaran Jarak Jauh ?”

Pada Webinar yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi hari Sabtu, 21 November 2020. Alhamdulillah saya diberikan kesempatan Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi sebagai Narasumber  berbagi secara daring untuk memaparkan tentang pemanfaatan Kelas Maya.

Kegiatan ini diikuti sekitar 183 peserta dari utusan masing-masing Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan se-Kabupaten Ngawi menggunakan Zoom Meeting, sedangkan bila ada peserta yang lain dan ingin bergabung bisa mengikuti melalui Youtube Streaming.


Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi  pembelajaran daring (online) antara siswa dan guru kapan saja dan di mana saja. Siswa dapat mengikuti pembelajaran pembelajaran virtual dengan pendidik melalui alat komunikasi synkronous ( chat, video conference, desktop sharing, whiteboard)

Strategi pembelajaran di Kelas Maya menuntut pembelajaran aktif dan berpusat pada siswa sehingga mendorong keterampilan siswa. Pembelajaran Kelas maya ini menggunakan teknologi pembelajaran (Rumah Belajar).



Komponen pendukung pembelajaran Kelas Maya yaitu Konten untuk Pembelajaran, Perangkat keras (hardware), berupa computer, laptop, tablet, maupun smartphone, perangkat lunak (software) seperti LMS dll, Strategi Komunikasi, dan Jaringan Internet.


Untuk mengoptimalkan pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi , Pemerintah mengembangkan fasilitas pembelajaran melalui fitur Kelas Maya pada portal Rumah Belajar.






Lampiran :


0 comments:

Posting Komentar