Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Senin, 23 November 2020

PANDUAN KELAS MAYA


Kelas Maya di Rumah Belajar merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran dalam jaringan (online) antara peserta didik dan pendidik kapan saja dan di mana saja. Pada waktu tertentu yang terjadwal oleh pendidik, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran virtual dengan pendidik melalui alat komunikasi sinkronus (chat, video conference, audio conference, desktop sharing, whiteboard).

Strategi pembelajaran di Kelas Maya yaitu strategi pembelajaran lebih bersifat konstruktivistik yang menuntut pembelajaran aktif dan berpusat pada peserta didik untuk mendorong keterampilan peserta didik. Pembelajaran kelas maya ini menggunakan Rumah belajar, salah satu layanan pembelajaran kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) untuk merancang, menyampaikan, dan mengatur pembelajaran formal dan informal serta berbagi pengetahuan sehingga model pembelajaran kelas maya ini dirancang sebagai pelengkap kegiatan pembelajaran di kelas dengan lebih banyak pada aktivitas asincronous berdasarkan fasilitas TIK yang tersedia di sekolah.

Implementasi pemanfaatan TIK dalam pembelajaran melibatkan pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah, pendidik, peserta didik, admin (operator) dan orang tua peserta didik.

  • Sekolah sebagai penyelenggara kelas maya, sehingga sekolah melalui kepala sekolah membuat kebijakan untuk membuat kelas maya, mengatur, merencanakan, dan melaksanakan pembelajaran melalui kelas maya.
  • Pendidik sebagai pengelola kelas memiliki peran dalam keberhasilan pelaksanaan kelas maya. Hal ini terkait dengan tugas-tugas yang harus dilakukan pendidik dalam merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran melalui kelas maya.
  • Siswa sebagai peserta kelas maya mendapatkan fasilitas pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman terhadap suatu materi. Peserta kelas maya dituntut kemandirian dan kesungguhan dalam mengikuti kelas maya ini.
  • Administrator memiliki hak akses dalam mengelola keseluruhan sistem diantaranya mengelola master data sistem (mata pelajaran, kelas, statistik), mengelola akses seluruh pengguna sistem (penyelenggara, pendidik, peserta didik), mengatur pengelolaan seluruh kelas, monitoring seluruh aktivitas sistem pembelajaran, monitoring seluruh aktivitas pengguna sistem.
  • Orangtua dapat memantau keaktifan siswa dalam mengikuti kelas maya sehingga dapat mengetahui perkembangan siswa.
Sebelum pemanfaatan fitur kelas maya, sekolah dan pendidik telah melakukan persiapan dan memperoleh data materi apa saja yang akan dibuat kelas maya. Berikut ini alur pemanfaatan kelas maya Rumah Belajar dalam pembelajaran.


Berikut ini langkah-langkah persiapan di kelas maya. 

1. Pendaftaran di Kelas Maya 

Sekolah sebagai penyelenggara, guru, dan siswa wajib melakukan pendaftaran di Kelas Maya jika akan membuka fitur Kelas Maya. Pendaftaran dapat diklasifikasikan sebagai penyelenggara, guru, dan siswa. Berikut ini langkah-langkah pendaftaran di Kelas Maya.


Langkah-langkah pendaftaran sebagai berikut: a. Masuk ke portal Rumah Belajar di alamat url : https://belajar.kemdikbud.go.id/

b. Pilih dan klik fitur “Kelas Maya” dan muncul tampilan berikut.

c. Klik “Daftar” dan akan tampil pilihan pengguna sebagai siswa, guru dan penyelenggara. 


Untuk membuka kelas maya, yang pertama harus dilakukan adalah sekolah mendaftar sebagai penyelenggara kelas maya. Untuk melakukan pendaftaran sebagai penyelenggara kelas maya maka Sahabat diminta untuk mengisi daftar isian seperti tampilan berikut. 


Setelah sekolah Sahabat Rumah Belajar menjadi sekolah penyelenggara kelas maya, maka guru dan siswa dapat mendaftar di kelas maya. 

Nah.. Sahabat Rumah Belajar, untuk lebih memahami langkah-langkah Mendaftar sebagai penyelenggara di Kelas Maya, Mengelola Kelas, Mendaftar sebagai guru dan siswa, silahkan saksikan tayangan video tutorial dibawah ini.

Mengenal Kelas Maya


Tutorial membuat kelas di kelas maya


Cara mengisi Modul di Kelas Maya


Cara mengikuti kelas di Kelas Maya


Cara mengikuti Ujian di Kelas Maya



Selamat mencoba...




 

0 comments:

Posting Komentar