Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Minggu, 22 November 2020

PELATIHAN PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI KABUPATEN LUMAJANG

 


Kamis, 19 November 2020 di SMP 1 Sukodono Kabupaten Lumajang. Alhamdulillah Saya diberikan kesempatan untuk berbagi kedua kalinya di Kota Pisang sebagai sahabat Rumah Belajar dari Provinsi Jawa Timur untuk menyampaikan Pemanfaatan Portal Rumah Belajar secara tatap muka bersama dengan Pengurus MGMP, MGBK, dan KKG Kecamatan se-Kabupaten Lumajang.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB. Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang yang pada  kesempatan terebut diwakilkan kepada Sekretaris Dinas Pendidikan kabupaten Lumajang Bp. Cipto Hidayat, S.Pd. Selanjutnya disampaikan tentang kebijakan dinas oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang Bapak Drs. Suryadi, M.Pd.

Tibalah pada acara inti, yakni paparan tentang Pemanfaatan Portal Rumah Belajar. Acara saya awali dengan pengenalan Rumah Belajar dan 4 Fitur Utama. Dilanjutkan cara login ke Rumah Belajar dan TV Edukasi melalui Web dan membuat akun, serta cara mendownload aplikasi melalui playstore di HP peserta. Setelah itu dilanjutkan dengan paparan tentang Kelas Digital atau Kelas Maya. Dengan tahapan-tahapan pembelajarannya, diharapkan memudahkan peserta untuk menerapkan dalam pembelajaran sehari-hari.

Setelah pemaparan materi, peserta mendapatkan kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang kurang dipahami. Pertanyaan peserta sebagian besar menanyakan tentang cara masuk dan mendownload video atau audio dari fitur Sumber belajar atau TV edukasi melalui Smarphone, serta langkah-langkah pembuatan Kelas Maya dan cara pembelajaran di kelas maya. Untuk lebih memahami, peserta saya ajak untuk langsung mempraktekkan bersama-sama.

Alhamdulillah, setiap sesi berjalan dengan lancar. Semua peserta antusias menerima Rumah Belajar di masa pembelajaran Daring dan Luring ini. Hal ini terbukti dengan banyaknya peserta yang bertanya cara memanfaatkan kelas maya baik melalui pertanyaan terbuka saat sosialisasi maupun Whatsapp pribadi.

Sungguh indahnya berbagi, semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi semua orang. Khususnya guru-guru dan siswa untuk pembelajaran.


Belajar Di mana Saja, Kapan Saja, dan Dengan Siapa Saja.


Lampiran :

Daftar Hadir

Undangan Dinas Pendidikan kab. Lumajang

Testimoni Pengurus MGMP

Testimoni Pengurus PKG


0 comments:

Posting Komentar