Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Senin, 23 November 2020

PEMANFAATAN TV EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN

 


Televisi Edukasi merupakan salah satu layanan pembelajaran yang disediakan oleh Pusdatin. Akses yang terdapat dalam layanan Televisi Edukasi dapat diakses melalui: 

a) Via Terestrial, yaitu via satelit palapa D

b) Via internet, yaitu melalui streaming siaran TV Edukasi yang terdapat pada laman TV Edukasi dan kanal Youtube TV Edukasi, serta layanan non-streaming Video on Demand (VOD) dan Kuis Kihajar; 

1) Layanan streaming Televisi Edukasi 

  • Laman (website) Televisi Edukasi 

Selain kanal Youtube, media streaming siaran Televisi Edukasi dapat diakses di laman tve.kemdikbud.go.id. Saat Sahabat mengunjungi laman ini, Sahabat akan menemukan video materi pengayaan dan berita seputardunia pendidikan. Untuk mengakses siaran streaming Televisi Edukasi, Sahabat dapat memilih menu “Live” atau langsung mengunjungi alamat https://tve.kemdikbud.go.id/live/. Di menu live ini juga ditempilkan jadwal siaran yang ditayangkan di hari penayangan, misalnya jadwal siaran pembelajaran Biologi/Fisika SMA, Bahasa Indonesia SD, Pelangi Nusantara, dan lainnya.

  • Kanal Youtube 
Sahabat, sudah tahu belum kalau Televisi Edukasi juga menggunakan media konten yang popular, yang kita kenal dengan nama Youtube? Salah satu media yang digunakan untuk menyebarluaskan konten-konten Televisi Edukasi, salah satunya siaran streaming, adalah melalui kanal Youtube, yaitu kanal “Televisi Edukasi”. 


2) Layanan non-streaming Televisi Edukasi 

Layanan terkait Televisi Edukasi yang diakses secara non-streaming meliputi Video on Demand (VOD) dan Kuis Kihajar. 

• Video on Demand 

Video on Demand (VOD) merupakan fitur Televisi Edukasi yang terdiri video-video pembelajaran, yang mencakup materi pembelajaran formal maupun materi pengayaan, serta video informasi dan berita seputar dunia pendidikan. Materi pembelajaran yang terdapat pada VOD bervariasi mulai dari jenjang PAUD hingga SMA dan SMK. 


  • Kuis Kihajar 
Kuis Kihajar merupakan ajang kompetisi bagi para siswa mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK, dalam rangka peningkatan kompetensi belajar siswa. Kuis Kihajar dilaksanakan melalui tiga jalur, yaitu Kuis Kihajar Harian (Website), Tingkat Provinsi, dan Tingkat Nasional. Para juara yang diperoleh melalui Harian (Website), Tingkat Provinsi, dan Tingkat Nasional, akan diuji kemampuan akademis (Gali Pengetahuan), mengembangkan keterampilan 4C (Eksplorasi Potensi), dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas dan meningkantkan kemampuan komunikasi terkait tema tertentu melalui pemanfaatan TIK (Jelajah Ide). Untuk mengakses informasi mengenai pelaksanaan Kuis Kihajar, Sahabat dapat mengakses di laman http://kihajar.kemdikbud.go.id/



c) Aplikasi Mobile TVE (Android dan iOS) 

Dalam rangka mendukung fleksibilitas dan kemudahan Sahabat dalam mengakses siaran Televisi Edukasi, Sahabat dapat mengunduh versi gawai (mobile) Televisi Edukasi, yaitu aplikasi mobile TVE. Pada fitur mobile ini, Sahabat tidak hanya dapat mengakses siaran streaming Televisi Edukasi beserta jadwal siaran program, tetapi juga dapat mengakses laman VOD, podcast dan siaran radio Suara Edukasi. Sahabat dapat memilih menu “Siaran Langsung” untuk mengakses siaran streaming Televisi Edukasi, juga menu “Edukasi News” jika ingin menyaksikan informasi kegiatan dan berita seputar pedidikan.

Media yang disediakan oleh layanan TV edukasi dalam bentuk video yang dapat diakses melalui streaming siaran TV edukasi dan Video On Demand. 

Tahapan/prosedur berikut dapat menjadi acuan bagi Anda untuk memanfaatkan media yang disediakan oleh layanan TV Edukasi yang diakses secara streaming dalam proses pembelajaran yaitu: 

  1. Melakukan analisis terhadap Rencana Pelaksnaaan Pembelajaran (RPP) yang sudah anda susun. Analisis akan menghasilkan kebutuhan media yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Tuliskan kebutuhan media ke dalam RPP. 
  2. Anda melakukan proses identifikasi jadwal siaran yang dimuat pada laman TV edukasi untuk memastikan ketersediaan media yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. 
  3. Pada saat pelaksanaan pembelajaran, Anda dapat meminta siswa untuk mengakses laman TV edukasi dan menonton siaran TV edukasi. 
  4. Anda dapat memberikan penugasan kepada siswa setelah mereka selesai menonton siaran TV Edukasi. Anda dapat memberikan variasi penugasan kepada para siswa seperti membuat ringkasan terhadap materi yang baru saja selesai ditayangkan, meminta siswa melakukan presentasi terkait materinya. 


Sedangkan tahapan/prosedur dapat digunakan sebagai acuan bagi Anda untuk memanfaatkan media yang disediakan oleh layanan TV Edukasi dalam bentuk Video On Demand adalah sebagai berikut: 

  • Melakukan analisis terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah anda susun. Analisis akan menghasilkan kebutuhan media yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Tuliskan kebutuhan media ke dalam RPP. 
  • Anda melakukan proses identifikasi ketersediaan media pembelajaran yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran melalui laman TV edukasi. Contoh: Mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk Topik “Drama”, referensi yang dapat digunakan antara lain:

http://video.kemdikbud.go.id/video/play/drama-bagian-1

  • Pada saat pelaksanaan pembelajaran, Anda dapat memberikan penugasan kepada siswa untuk mengakses laman TV edukasi dan menggunduh materi pelajaran. 
  • Setelah siswa mengunduh materi tersebut, Anda menugaskan siswa untuk menonton video pembelajaran. 
  • Anda dapat memberikan penugasan kepada siswa setelah mereka selesai menonton siaran TV Edukasi. Anda dapat memberikan variasi penugasan kepada para siswa seperti membuat ringkasan terhadap materi yang baru saja selesai ditayangkan, meminta siswa melakukan presentasi terkait materinya. 

0 comments:

Posting Komentar