Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Minggu, 22 November 2020

Solusi Tepat dalam Pembelajaran Daring di Kecamatan Karanganyar dengan Portal Rumah Belajar

 


Dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, tentu bukan hal yang mudah. Baik dalam beraktivitas sehari-hari atau dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus banyak beradaptasi supaya tetap bisa memberikan pendidikan dalam situasi saat ini.

Sebagian guru yang sudah mengenal dan lihai dalam menggunakan teknologi mungkin tidak mengalami kesulitan jika melaksanakan pembelajaran daring (online), namun banyak kendala yang dihadapi selain kurangnya kompetensi, sulitnya akses jaringan internet, dan keterbatasan media yang digunakan dalam pembelajaran daringpun bisa menjadi kendala.

Alhamdulillah, pada tanggal 10 - 11 November 2020 untuk kedua kalinya saya mendapatkan kesempatan untuk berbagi pembuatan media pembelajaran baik berupa video pembelajaran, MPI dan Ebook serta mensosialisasikan portal Rumah Belajar kepada para pendidik di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi. Portal Rumah Belajar ini adalah solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami oleh para guru dalam pembelajaran daring.

Kegiatan ini diikuti oleh 169 guru yang terdiri dari guru kelas atas dan guru kelas bawah dan bertempat di SDN Mengger 2 Kecamatan Karanganyar. Saya mengawali sosialisasi dengan memaparkan fitur-fitur yang ada di rumah Belajar, baik fitur utama maupun fitur pendukung. Para guru saya ajak mencoba sejumlah fitur unggulan , seperti Sumber Belajar, Bank Soal, Kelas Maya, dan laboratorium Maya. Fitur-fitur pendukung juga tak luput dari antusias para guru seperti fitur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Karya Bahasa dan sastra dan yang paling seru adalah fitur edugame.

Semangat yang luar biasa ditunjukkan oleh para guru di Kecamatan karanganyar Kabupaten Ngawi, mereka berharap dapat memanfaatkan portal rumah Belajar ini dalam pembelajaran dengan dukungan infrastruktur jaringan yang baik.

Berbagi Inovasi Pembelajaran berbasis TIK mewujudkan Merdeka Belajar, Belajar di mana Saja, Kapan Saja, dengan Siapa Saja.




0 comments:

Posting Komentar