Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Minggu, 15 Desember 2019

9 JURUS AMPUH SUKSES PRESENSI MENGGUNAKAN G-ABSEN

Sahabat Guru Ngawi Ramah dimanapun anda berada, khususnya yang tinggal di wilayah Pemerintah Kabupaten Ngawi. Dalam upaya mendisiplinkan ASN di lingkungan Pemerintah kabupaten Ngawi, saat ini Pemkab Ngawi menerapkan peraturan baru berkenaan dengan Sistem Absensi ASN. Aplikasi ini bernama G-Absen. Aplikasi yang bisa dijalankan menggunakan HP Android atau sejenisnya mengharuskan seluruh ASN untuk bisa menyesuaikan diri dan bisa melakukan presensi digital dengan baik.
Di awal pemberlakuan system absensi ASN berbasis tehnologi informasi ini banyak minimbulkan Pro dan Kontra. Hal ini sangatlah wajar, disetiap hal baru pasti butuh penyesuaian. Permasalahan itu muncul disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain : Ada ASN yang belum memiliki HP Android, HP Android yang dimiliki spesifikasinya rendah/dibawah standar minimal aplikasi, karena belum bisa mengoperasikannya dan ada juga banyak yang menganggap terlalu ribet dan kesal karena sering gagal login dan  gagal dalam verifikasi scan wajah pada saat check in dan check out.
Mengamati dari berbagai permasalahan di lapangan, admin ingin berbagi beberapa tips untuk membantu sahabat Guru Ngawi Ramah agar bisa melakukan absensi G-Absen lebih mudah. Apa saja tips-tips nya? Mari kita pelajari bersama-sama :

1. Pastikan memiliki paket data yang cukup/ Jaringan Wi-fi
Senjata utama agar kita bisa melakukan presensi menggunakan G-Absen adalah HP Android yang kita gunakan harus memiliki Paket Data yang cukup. Sebagus apapun HP sahabat, jika tidak memiliki paket data yang cukup dipastikan tidak akan berhasil melakukan presensi. Jika tidak memiliki paket data, sahabat bisa mencari hotspot wi-fi di sekolah atau minta bantuan rekan kerja untuk berkenan berbagi hotspot wi-fi.
2. Setting GPS di HP Android pada mode akurasi tinggi
Aplikasi G-Absen sudah di setting lokasi prsesensi dalam radius 20 m dari titik lokasi unit kerja. Jadi pastikan setting GPS di HP Android berada dalam mode Akurasi Tinggi. Pengaturan GPS mode Akurasi Tinggi untuk masing-masing merk HP berbeda-beda, untuk itu bila belum bisa setting GPS bisa minta bantuan rekan yang lain.


3. Matikan Sistem rotasi otomatis
Salah satu penyebab Aplikasi G-Absen gagal memverifikasi hasil Scan Wajah pada saat check In dan Check Out karena setting Rotasi Otomatis pada HP Android masih belum dimatikan. Oleh karena matikan Sistem Rotasi Otomatisnya agar G-Absen dapat dengan mudah mengenali wajah anda.


4. Sejajarkan posisi kamera depan dengan wajah
Posisi kamera terlalu ke bawah atau ke atas serta jarak kamera dengan wajah juga berpengaruh dalam verifikasi wajah. Untuk itu sebaiknya pada saat check In dan Check Out posisikan kamera tepat sejajar di depan wajah dengan jarak sekitar 30 cm.
5. Upayakan raut wajah sesuai pada saat perekaman.
Agar tidak sering gagal dalam verifikasi wajah, upayakan raut wajah saat scaning sama seperti pada saat perekaman awal, artinya jika pada saat perekaman awal tidak memakai kacamata, upayakan saat scaning check in dan check out juga tidak menggunakan kacamata. Misalkan pada saat perekaman awal raut wajah posisi tersenyum, maka saat scaning usahakan juga tersenyum meskipun pada saat itu anda sedang dalam keadaan susah atau galau.  Hehehe…..
6. Absensi jangan berkumpul pada satu tempat
Radius/ jarak kita dapat melakukan prsensi menggunakan G-Absen sudah disetting dalam radius 20 meter, artinya jika dibentuk lingkaran dari titik koordinat akan berdiameter 40 meter. Sehingga pada saat melakukan absensi sahabat tidak perlu berkumpul di kantor, halaman, bahkan harus keluar kelas, yang tentunya pasti akan ada rasa tidak enak dengan anak didik dan juga wali murid yang belum tahu kebijakan tersebut. Selama kita masih di dalam area radius 20 meter dari titik koordinat pasti kita bisa mengaksesnya dan melakukan presensi.
7. Setting Aplikasi yang menghabiskan memori otomatis
Ada beberapa aplikasi di HP Android yang secara otomatis mendownload gambar, audia bahkan video seperti Whatsapp (WA), Telegram dan aplikasi yang lain. Sehingga jika tidak kita setting proses download nya tanpa konfirmasi pengguna, maka secara perlahan dan pasti paket data dan memori di HP kita cepat habis.  Akibatnya saat kita melakukan presensi menggunakan G-Absen loading nya lama dan sering gagal bahkan bisa menyebabkan HP menjadi Hang/No respon. Untuk sebaiknya setting aplikasi Media Sosial seperti Whatsapp, Telegram dan lain-lain pada mode Download dengan Konfirmasi terlebih dahulu.
8. Hapus/ Uninstal Aplikasi yang tidak penting
Berapa banyak Aplikasi yang ada di HP Android kita? Dan seberapa penting aplikasi tersebut perlu dipertahankan? Biar kita lebih mudah dalam melakukan presensi sebaiknya Hapus/Uninstal aplikasi yang tidak perlu. Atau jika memang sudah terlalu berat beban memory di HP sebaiknya di Reset ulang, biar lebih fresh. Tentunya amankan atau pindahkan dulu yang dianggap penting ke Laptop/ Flash disk.
9. Hapus Data yang tidak Perlu atau Pindahkan ke Flashdisk
Sudah saatnya HP Android kita tidak dijadikan tempat penyimpanan utama data-data baik berupa foto, lagu, video, dokumen word, excel, pdf, powerpoint, dll. Data-data terebut bisa kita pindahkan ke laptop/Flash disk dan tetap bisa kita akses saat kita membutuhkannya, agar performa HP kita lebih baik saat digunakan presensi dengan G-Absen.

“Harapan kami semoga Pemerintah Kabupaten Ngawi meningkatkan kapasitas Server G-Absen dan memperbaiki/mengupgrade system aplikasi G-Absen untuk meminimalisir masalah di lapangan sehingga teman-teman ASN bisa dengan mudah melakukan absensi baik pada saat Check In dan Check Out”.

Demikian beberapa tips yang bisa admin berikan buat sahabat Guru Ngawi Ramah dimanapun berada. Mari kita sikapi kebijakan Pemerintah Kabupaten Ngawi sebagai sarana pembelajaran dan Literasi Digital bagi kita semua. Sukses kotaku Ngawi Ramah. Terima kasih G-Absen engkau telah membuat kami bingung, Sedih dan juga Senang. SEMANGAT……..

0 comments:

Posting Komentar