Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Minggu, 15 Desember 2019

CONTOH LATIHAN SOAL SKD TEST CPNS 2019

Menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan impian sebagian besar masayarakat Indonesia. Sebanyak 197 ribu Formasi dibuka untuk rekrutment CPNS tahun 2020 ini. Dengan banyaknya formasi yang dibuka dapat dipastikan peminat yang mendaftar tentu lebih banyak, sehingga persaingan antar pelamar pun juga semakin ketat. 

Untuk itu diperlukan kiat-kiat khusus dan strategi yang jitu agar dapat mengerjakan soal-soal seleksi dengan cepat, tepat dan benar. Penggunaan metode Computer Assisted Test (CAT) membuat para peserta seleksi harus berpacu dengan waktu untuk menjawab soal seleksi yang diujikan.

Tahapan selanjutnya setelah para pelamar dinyatakan lolos seleksi administrasi yakni Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU),  dan Tes Karakteristik Kepribadian (TKP).

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan : 
1. Nasionalisme
2. Integritas
3. Bela Negara
4. Pilar Negara dan 
5. Bahasa Indonesia.

Tes Intelegensia Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai : 
1. Kemampuan Verbal (meliputi : analogi, silogisme, dan analitik) 
2. Kemampuan Numerik (meliputi : berhitung, deret angka, dan perbandingan kuantitatif)
3. Kemampuan Figural (meliputi : analogi, ketidaksamaan, dan serial)

Tes Karakteristik Kepribadian (TKP) dimaksudkan untuk menilai :
1. Pelayanan publik
2. Jejaring kerja
3. Sosial budaya
4. Tehnologi Informasi dan Komunikasi
5. Profesionalisme

Sebagai bahan berlatih dalam menghadapi Tahap Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), sahabat Guru Ngawi Ramah yang saat ini sedang berjuang dalam mengikuti Tes CPNS 2020 dapat mendownload Modul dan contoh-contoh soal dibawah ini :


Demikian yang dapat admin bagikan, soal-soal tersebut admin dapatkan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat bagi para sahabat Guru Ngawi Ramah yang saat ini sedang berkompetisi untuk menjadi ASN meskipun harus mengadu nasib di Daerah Lain. 

Kunci sukses dalam meraih cita-cita adalah Perjuangan dan Doa. Berjuang dengan sekuat tenaga dengan cara belajar dan berlatih, Dan senjata utama orang yang sedang berjuang adalah DOA. Untuk itu iringilah setiap usaha yang dilakukan dengan senantiasa bermunajat kepada Alloh SWT dan mohon doa restu orang tua serta orang-orang tercinta. Semoga Sukses... AMIIN YRA...



0 comments:

Posting Komentar