Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Sabtu, 14 Desember 2019

PREDIKSI SOAL USBN SD/MI TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PAKET 1


Sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem bahwa Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), penyelenggaraan kegiatan akan dikembalikan pada sekolah.

Terkait dengan Ujian Nasional (UN), Bahwa Mendikbud Nadiem Makariem juga berencana menghapus UN pada 2021. Namun demikian telah menyiapkan grand desain sebagai pengganti UN. Akan ada perubahan dalam pemodelan soal sebagai pengganti UN. Yang sebelumnya ditekankan pada penyelesaian kognitif, pada 2020, akan bersifat holistik yang berupa penalaran, literasi dan karakter.

Untuk adik-adik yang saat ini masih duduk di sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) tentunya sebentar lagi akan melaksanakan USBN, dimana fase inilah yang akan menentukan adik-adik bisa masuk SMP Negeri favorit sesuai keinginan kalian atau tidak selain pendaftaran melalui jalur zonasi.

Dalam kesempatan ini admin ingin berbagi tips agar adik-adik atau anak didik kita bisa sukses dalam menghadapi USBN Tahun 2020. Bagaimana tips-tips nya agar sukses USBN, yuk kita cari tahu :
1.    Belajar yang rajin
Tugas utama siswa adalah belajar, maka dari itu untuk menghadapi USBN adik harus mempersiapkan diri dengan baik. Perhatikan setiap mata pelajaran yang diberikan di sekolah, karena biasanya pelajaran yang diajarkan guru di sekolah tidak terlalu jauh dengan apa yang diujikan.
2.    Mengikuti Bimbel (Bimbingan Belajar)
Selain memperhatikan pelajaran harian di sekolah, biasanya di sekolah juga diadakan BBI (Bimbingan Belajar Intensif) yakni pemantapan dalam rangka persiapan USBN ini. Dengan mengikuti Bimbel adik-adik bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan kalian untuk semua pelajaran, dengan demikian kalian bisa mengasah apa yang sudah menjadi kelebihan kalian sekaligus memperdalam apa yang menjadi kekurangan kalian.
3.    Berlatih
Tak kenal maka tak saying, tak saying maka tak cinta. Mungkin pepatah tersebut berlaku juga adik-adik yang mau menghadapi USBN. Mengakrabkan diri dengan soal-soal latihan. Dengan membiasakan diri melatih dalam mengerjakan soal maka kalian akan sangat mungkin menjadi terbiasa dalam mengerjakan dan mencari solusi jawaban untuk setiap soal yang nanti akan keluar di ujian.

Demikianlah sedikit tips buat adik-adik yang saat ini duduk di kelas VI SD/MI yang akan menghadapi USBN, intinya adalah semuanya butuh usaha dan perjuangan. Hasil tidak akan mengkhianati usaha, setiap pencapaian pasti memerlukan usaha dan perjuangan. Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu berdoa dan minta doa restu kepada kedua orang tua.

Sebagai bahan untuk belajar dan berlatih dalam menghadapi USBN tahun 2020 silahkan pelajari Prediksi Soal USBN SD/MI Tahun 2020 dibawah ini. Semoga bermanfaat





0 comments:

Posting Komentar