Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Rabu, 13 Januari 2021

BIMTEK PENYUSUNAN KONTEN PEMBELAJARAN NEW SIMPEL 2021


Sahabat Guru Ngawi Ramah... pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi hasil dari kegiatan Bimtek Penyusunan Konten Pembelajaran Pada Aplikasi SIMPEL (Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran) Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi. Pandemic Covid-19 yang sampai saat ini belum menunjukkan adanya tanda-tanda akan berakhir, serta semakin meningkatnya jumlah pasien yang terjangkit Covid-19 memaksa Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah di Jawa Timur salah satunya Kabupaten Ngawi serta kebijakan Pemerintah Kabupaten Ngawi yang belum memberikan ijin untuk pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Semester Genap dikarenakan situasi yang tidak kondusif.

Kebijakan ini memacu Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi untuk tetap bisa memberikan pelayanan pendidikan yang dilakukan secara daring dengan memanfaatkan platform SIMPEL (Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran), selain itu, adanya beberapa Program Strategis Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi yang perlu diakomodir di dalam aplikasi SIMPEL yang dibangun dan dimanfaatkan bersama oleh insan pendidikan di Kabupaten Ngawi mulai dari siswa, guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah sampai Dinas Pendidikan.

Untuk mempercepat produksi Konten Pembelajaran SIMPEL, Dinas Pendidikan menyelenggarakan Bimtek Penyusunan Konten Pembelajaran dalam Aplikasi SIMPEL pada tanggal 13-15 Januari 2021, yang diikuti oleh seluruh Pengurus MGMP-SMP, KKG-SD, Tim Konten Pembelajaran, Tim Teknis SIMPEL, MKKS serta KKKS Se-Kabupaten Ngawi yang dilaksanakan secara daring. 

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, Drs. Muhamad Taufiq Agus Susanto, menghimbau kepada seluruh guru dan Kepala Sekolah se-Kabupaten untuk bersama-sama tetap memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal kepada seluruh peserta didik dengan memaksimalkan potensi guru-guru di Kabupaten Ngawi yang luar biasa dengan membuat konten-konten pembelajaran yang berkualitas dan variatif, yang disajikan melalui aplikasi SIMPEL. Konten pembelajaran tersebut diharapkan dikemas dengan baik dan menarik dalam bentuk Video Pembelajaran, Multimedia Pembelajaran Interaktif atau Slide Presentasi, serta Rangkuman materi yang dikemas dalam E-Book. 

Berkaca dari pengalaman penyusunan  Konten Pembelajaran SIMPEL di Semester Ganjil, perlu adanya peningkatan kualitas konten pembelajaran baik Video Pembelajaran, MPI / PPT, maupun Ebook. Salah satu media pembelajaran yang populer di masa pandemi Covid-19 adalah video pembelajaran. Media ini paling banyak dimanfaatkan pendidik dan dipandang efektif untuk menyampaikan pesan pembelajaran pada peserta didik yang memiliki kecenderungan menyukai konten visual.

Media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran. Tujuan penggunaan media video adalah untuk menyajikan informasi dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti dan jelas. Informasi akan mudah dimengerti karena indera, terutama telinga dan mata, digunakan untuk menyerap informasi. Tujuan lainnya adalah dapat memperjelas dan mempermudah penyampaian pesan agar tidak terlalu verbalistis. Video juga bisa mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera peserta didik maupun pendidik.

Sahabat Guru Ngawi Ramah ingin membuat video? tapi bingung seperti apa video yang baik? berikut referensi video pembelajaran jenjang SMP Pemenang Sayembara Video Pendek Materi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 yang digelar Direktorat GTK Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang bisa jadi inspirasi buat para pendidik. 


5 TERBAIK SAYEMBARA VIDEO GTK DIKDAS KEMDIKBUD TAHUN 2020 

JENJANG SMP

1. Judul Video      : Penyebaran Tanaman.

    Mata Pelajaran : IPA
    Karya                : Suhardin, S,Pd dari SMPN 17 Kendari


2. Judul Video     : Prosedur Menggambar Ilustrasi Digital.
Mata Pelajaran    : Seni Budaya 8
Karya                  : Nuvis Melodiana Fitriyah dari SMP Negeri 4 Krui Kab. Pesisir Barat
Sumber : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10208239005809717&id=1739872857



3. Judul video         : Suhu dan Skala Termometer.
    Mata Pelajaran    : IPA
    Karya                   : Afif Abdillah, S.Pd., Gr. dari SMP Al-Hikmah Surabaya
    Sumber : https://www.facebook.com/afif.abdillah/posts/4399441113400078




4. Judul Video     : Pencemaran Lingkungan.
Mata Pelajaran     : IPA
Karya                   : Arum Puri Suryandari, S.Si., M.Pd dari SMP Negeri 23 Kota Tangerang
Sumber : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10221634037513617&id=1634241262




5. Judul video : Pembelajaran virtual masa pandemi covid-19 pada aktivitas senam lantai kelas vii smp el-ma'arif boarding school
Karya : Yudhia Andika, S. Pd. SMP El-Ma’arif Boarding School Kab. Pasaman Barat
Sumber : https://www.facebook.com/yudhia.andika/videos/3900575049977214?_rdc=1&_rdr



JENJANG SD

Judul Video: Konduktor dan Isolator Panas di Sekitar Kita
Karya : Retmaniar Karima, S. Pd, SDN Sawahjoho 01 Kec. Warungasem Kab. Batang
Pembelajaran Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1
Sumber : https://www.facebook.com/retmaniar.karima/videos/10218731450785467




Judul Video : Bangun Ruang Prisma
Karya : Dedek Kurniawan, S. Pd, SD Negeri 132409 Tanjungbalai Kotamadya. Tanjungbalai
Provinsi. Sumatera Utara
Sumber : https://www.facebook.com/ade.de.1232/videos/3881449651884643


Demikian beberapa referensi Video Pembelajaran yang bisa admin bagikan, semoga bermanfaat.


0 comments:

Posting Komentar