Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Jumat, 09 Desember 2022

Jurnal Refleksi Ke-11 Akhir CGP Angkatan 5

 Model DEAL (Description, Examination, Articulation of Learning)


DESCRIPTION

Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 yang saya ikuti sejak bulan Juni  sampai Desember 2022 saya mempelajari semua materi di LMS dengan alur MERDEKA , mulai dari diri hingga Aksi Nyata. Di dalam Pendidikan Guru Penggerak ini saya mempelajari 3 Modul, yakni :

1. Modul 1 Paradigma dan Visi Guru Penggerak , yang terbagi dalam 4 sub modul yaitu :

a. Modul 1.1 Filosofi Pendidikan KHD

b. Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

c. Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

d. Modul 1.4 Budaya Positif


2. Modul 2 Praktik Pembelajaran yang Berpihak Pada Murid, yang terbagi dalam 3 sub modul, yaitu :

a. Modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

b. Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

c. Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik


3. Modul 3 Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah, yang terbagi dalam 3 sub modul, yaitu :

a. Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin

b. Modul 3.2 Peran Pemimpin dalam Mengelola Sumber Daya

c. Modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif bagi Murid

Selama mengikuti pendidikan guru penggerak angkatan 5 ini saya didampingi oleh fasilitator (Kak Seno) dan Pengajar Praktik (Pak Matrik Agoes Prasetyo). Fasilitator membimbing saya dalam kegiatan daring dan pengerjaan tugas melalui LMS. Sedangkan pengajar praktik memberikan pendampingan individu selama 6 kali secara tatap muka. Dengan mempelajari serangkaian modul di LMS dengan alur MERDEKA (Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi Antar Materi dan Aksi Nyata) memudahkan saya dalam memahami materi.


EXAMINATION

Selama mengikuti pendidikan guru penggerak ini banyak hal yang saya dapatkan dan saya pelajari. Mulai dari Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara sampai Pengelolaan Program yang Berdampak Positif bagi Murid. Hal ini menjadi titik balik bagi saya untuk melakukan perubahan dengan menjadi pemimpin pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Hal ini merupakan hal baru bagi saya dan merupakan perubahan paradigma pendidikan yang sangat fundamental. Dengan berbekal ilmu yang saya pelajari di Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 ini , saya berharap bisa menjadi penggerak untuk bisa melakukan perubahan pendidikan di kelas dan sekolah tempat saya bertugas.


ARTICULATION OF LEARNING

Materi yang saya terima selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak sangat bermanfaat dalam melakukan perubahan untuk mewujudkan pendidikan yang berpihak pada murid. Dari mulai perubahan mindset pendidikan dengan Filosofi Ki Hajar Dewantara, Mengetahui Nilai dan peran Guru penggerak, Visi Guru penggerak serta menumbuhkan Budaya Positif. Selanjutnya praktik pembelajaran yang berpihak pada murid dengan melakukan pembelajaran yang berdiferensiasi, pembelajaran sosial dan emosional serta coaching untuk supervisi akademik. Serta Pemimpin pembelajaran untuk Pengembangan Sekolah. 

Pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti pendidikan guru penggerak juga akan saya bagikan kepada teman sejawat untuk saya ajak bersinergi dan berkolaborasi dalamn mewujudkan pendidikan yang berkualitas serta berpihak pada peserta didik.


0 comments:

Posting Komentar