Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Jumat, 09 Desember 2022

Jurnal Refleksi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin

 



Pada minggu ini sudah masuk ke modul 3 yang berisi tentang tes awal dan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran. Pada minggu ini saya mengalami kesibukan dengan jadwal yang sangat  padat. Sehingga saya harus berbagi waktu dalam penyelesaian tugas. Syukur alhamdulilah saya dapat melewatinya, dan berhasil menyelesaikan tugas demi tugas, meskipun harus bekerja keras hingga larut. Selain itu saya juga merasa kurang dapat mengerjakan secara maksimal karena konsentrasi terpecah dengan tugas-tugas diklat yang juga menuntut diselesaikan pada saat diklat berlangsung.

Pada minggu-minggu ini saya merasa tertekan dengan tugas-tugas tersebut baik dari CGP maupun dikat Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK), dan alhamdulillah sudah masuk Level 3. Namun saya berprinsip dengan kegigihan hati untuk bisa menyelesaikan tugas semuanya, akhirnya satu demi satu terselesaikan sehingga timbul rasa puas hati. Pada materi pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, cukup melelahkan. Materi pengambilan keputusan ternyata sangat kompleks pada tahap bagaimana prosedur yang dilakukan pada saat proses mencari dasar yang tepat dalam pengambilan keputusan. Prosedur tersebut yaitu meliputi 4 paradigma benar lawan benar, 3 prinsip resolusi dan 9 langkah pengambilan keputusan.

Pembelajaran yang di dapat dalam materi pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran tersebut meliputi:

a.      Paradigma dilema etika yang berisi perasaan benar lawan benar. Dilema etika tersebut yaitu:

1)     Individu lawan masyarakat.

2)     Rasa keadilan lawan rasa kasihan.

3)     Kebenaran lawan kesetiaan

4)     Jangka pendek lawan jangka panjang

b.     Terdapat 3 prinsip resolusi, yaitu:

1)     Berpikir berbasis hasil akhir

2)     Berpikir berbasis peraturan

3)     Berpikir berbasis rasa peduli

c.      Prosedur pengambilan keputusan harus melewati tahapan, yang terdiri dari 9 langkah, yaitu:

1)     Mengenali nilai-nilai yang bertentangan

2)     Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi itu.

3)     Mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini.

4)     Pengujian benar atau salah

5)     Pengujian paradigma benar lawan benar

6)     Melakukan prinsip resolusi

7)     Investigasi opsi trilema

8)     Buat keputusan

9)     Lihat lagi keputusan dan refleksikan

Setelah mempelajari bagaimana liku-liku cara mengambil keputusan untuk menghasilkan yang terbaik, maka ke depan saya apabila menemui masalah dalam lingkup pekerjaan saya, maka saya akan berpedoman dengan apa yang sudah diajarkan saat ini. Tugas-tugas dari diklat CGP yang berisi konsep dan dilanjut dengan prakteknya berpengaruh terhadap pikiran saya ke depan. Semoga saya dapat dengan gigih memperjuangkan untuk meraih keputusan yang terbaik bagi peserta didik.

0 comments:

Posting Komentar