Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Minggu, 31 Oktober 2021

Coaching Clinic PembaTIK Level 4 Berbagi Day-1

 



Hari Pertama, 31 Oktober 2021

Pembukaan Coaching Clinic PembaTIK Level 4 Berbagi Provinsi Jawa Timur dibuka secara resmi oleh Bp. Arif Darmawan (Intruktur dari PTP Pusdatin). Beliau menyampaikan bahwa tujuan dari program pembaTIK ini adalah untuk melakukan pemetaan kemampuan TIK para guru, juga untuk mencari Duta Rumah Belajar. Beliau juga menyampaikan tentang tugas-tugas yang harus dituntaskan oleh para peserta yaitu tugas akhir (vlog, blog dan sosialisasi).



Kemudian sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ibu Mamik (Kabid GTK Dinas Pendidikan Kota Surabaya). Beliau sangat mengapresiasi Program PembaTIK yang dilaksanakan oleh Pusdatin Kemdikbudristekdikti.  Program PembaTIK sejalan dengan Program Dinas Pendidikan Kota Surabaya dalam upaya memetakan kompetensi TIK para pendidik dan tenaga kependidikan. Beliau juga memberikan selamat, motivasi dan semangat kepada seluruh peserta PembaTIK Level 4 yang merupakan guru-guru Terbaik di Jawa Timur yang telah melewati beberapa fase-fase seleksi dari PembaTIK Level 1 , Level 2 dan Level 3 hingga terpilih 30 peserta terbaik dari total 14 ribu peserta dari Provinsi Jawa Timur.




Segmen selanjutnya adalah perkenalan Instruktur dari Pusdatin Kemdikbudristek, Tutor dari DRB Provinsi Jawa Timur dan 30 peserta PembaTIK Level 4 Berbagi yang merupakan sebagai Sahabat Rumah Belajar Provinsi Jawa Timur Tahun 2021.








Setelah acara perkenalan dilanjutkan dengan Pemaparan materi Membagun Komunikasi dan Kolaborasi dalam Pemanfaatan Rumah Belajar yang disampaikan oleh Cak Rachmad Effendi (Duta Rumah Belajar Provinsi Jawa Timur Tahun 2018). Dalam paparannya Cak Rachmad menyampaikan bahwa Komunikasi dikatakan efektif jika penerima pesan menerima pesan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Namun sering terjadi pesan yang kita sampaikan tidak sesuai dengan apa yang kita maksud, hal tersebut dinamakan kegagalan komunikasi. Kegagalan komunikasi dapat terjadi pada siapa saja, kegagalan komunikasi dapat berakibat fatal. Untuk menghindari kegagalan dalam berkomunikasi kita perlu mengetahui apakah itu hakikat komunikasi yang efektif. Beliau juga menjelaskan konsep komunikasi intrapersonal, interpersonal dan publik, serta dijelaskan pula faktor yang mempengaruhi keeefektifan berkomunikasi. Dalam kesempatan ini para peserta juga diajarkan tentang diplomasi dan negosiasi. Diplomasi merupakan setiap cara yang diambil untuk mengadakan dan membina hubungan serta berkomunikasi satu sama lain. Negosiasi adalah komunikasi timbal balik yang dirancang untuk mencapai tujuan bersama. Suatu keberhasilan dalam bernegosiasi adalah dengan ditunjukkannya oleh tercapainya kesepakatan persetujuan atau perjanjian. Sahabat Rumah Belajar tentu saja dalam pembahasan Diplomasi disini bukan ditujukan untuk membangun hubungan antar negara tetapi dalam rangka membangun hubungan dengan para stakeholder yang terkait dengan tugas-tugas anda sebagai Sahabat dan Duta Rumah Belajar.



Kegiatam selanjutya adalah diskusi untuk membahas Tema besar PembaTIK, yakni “Berbagi, dan Berkolaborasi, Belajar bersama di Portal Rumah Belajar”. Yang selanjutnya dari hasil diskusi menghasilkan 4 Sub Tema sebagai bahan dalam pembuatan RTL dan Vlog Tugas Akhir.





Demikian sedikit ulasan dari kegiatan Coaching Clinic PembaTIK Level 4 Berbagi Provinsi Jawa Timur Hari Pertama. Semoga bermanfaat.

Dengan Rumah Belajar, Belajar dimana Saja, Kapan Saja, dengan Siapa Saja.

 

#Pusdatinkemdikbudristek

#RumahBelajar2021

#PembaTIK2021

#DutaRumahBelajar2021

#SahabatRumahBelajar2021

#SRBJatim2021

#BerbagiTIK




0 comments:

Posting Komentar