Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Senin, 01 November 2021

BERBAGI PRAKTIK BAIK PEMANFAATAN EDU GAME DALAM PEMBELAJARAN KELAS 5 MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA DI SDN MARGOMULYO 1 NGAWI



Mengawali bulan November 2021, Alhamdulillah setelah koordinasi dengan Ibu Winartiningsih, S.Pd.,M.M.Pd (selaku Kepala SDN Margomulyo 1 Ngawi) terkait Sosialisasi Portal Rumah Belajar beberapa hari sebelumnya, diberikan amanah untuk berbagi dengan Bapak/Ibu SDN Margomulyo 1 yang merupakan rekan kerja dalam satu lembaga.

Pada kesempatan kali ini, saya berbagi dengan Bapak/Ibu guru dalam Pemanfaatan Fitur Sumber Belajar dan Edu Games dalam Pelaksanaan Pembelajaran tatap Muka Terbatas (PTMT). Sumber Belajar dapat digunakan sebagai referensi materi bagi siswa untuk belajar di rumah sebelum pembelajaran di kelas. Di Kelas guru bisa mengajak siswa bermain sambil belajar dengan fitur Edugame Rumah Belajar, fitur ini menyediakan beragam gim interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan. Berikut salah satu contoh game edukasi yang saya gunakan dalam pembelajaran Alat Pencernaan Manusia di kelas 5.



Untuk mencobanya silahkan sahabat rumah belajar, langsung saja akses Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame/Game/Play/1a081020-0d6f-42cd-9c96-b64b65bc47e4 untuk memainkan game-game seru tersebut.

Selain edugame,untuk pendalaman materi saya menampilkan beberapa slide materi yang saya buat sendiri. sehingga anak didik saya bisa mendapatkan tambahan bahan ajar yang menarik untuk menambah pemahaman mereka.














Diakhir kegiatan berbagi, Kepala sekolah SDN Margomulyo 1 Ngawi sangat bersyukur dan mendukung penuh program PembaTIK dan berharap semua warga sekolah bisa memanfaatkan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran. 






#Pusdatinkemdikbudristek

#RumahBelajar2021

#PembaTIK2021

#DutaRumahBelajar2021

#SahabatRumahBelajar2021

#SRBJatim2021

#BerbagiTIK


3 comments: