Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Kamis, 11 November 2021

GURU NGAWI RAMAH NGE- VLOG

 



Tugas akhir dari rangkaian kegiatan Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK adalah setiap peserta wajib membuat Vlog (Video Blog) yang menampilkan Best Practice atau Praktik Baik dalam mengimplementasikan Pemanfataan Portal Rumah Belajar dalam pembelajaran di kelas.

Pada kesempatan kali ini saya mencoba membuat Vlog Praktik baik Pemanfaatan Fitur Edugame dari Portal Rumah Belajar dengan menggunakan Model Project Based Learning atau yang sering kita kenal dengan Pembelajaran Berbasis Proyek. Materi Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan ? Pembelajaran 5 Muatan IPA tentang Organ Pencernaan Manusia.


Apa Model Project Based Learning (PjBL) ?
Goodman dan Stivers (2010) mendefinisikan Project Based Learning (PjBL) merupakan pendekatan pengajaran yang dibangun di atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok.


Karakteristik model Project-based Learning diantaranya yaitu peserta didik dihadapkan pada permasalahan konkret, mencari solusi, dan mengerjakan projek dalam tim untuk mengatasi masalah tersebut. Pada model PjBL peserta didik tidak hanya memahami konten, tetapi juga menumbuhkan keterampilan pada peserta didik bagaimanan berperan di masyarakat. Keterampilan yang ditumbukan dalam PjBl diantaranya keterampilan komunikasi dan presentasi, keterampilan manajemen organisasi dan waktu, keterampilan penelitian dan penyelidikan, keterampilan penilaian diri dan refleksi, partisipasi kelompok dan kepemimpinan, dan pemikiran kritis.


Bagaimana Tahapan Umum Alur Pembelajaran (Learning Path) Model Project Based Learning?
Menurut Rais dalam Lestari (2015) langkah-langkah model pembelajaran Project Based Learning adalah sebagai berikut:

1) Membuka pelajaran dengan suatu pertanyaan menantang
2) Merencanakan proyek
3) Menyusun jadwal aktivitas
4) Mengawasi jalannya proyek
5) Penilaian terhadap produk yang dihasilkan
6) Evaluasi


Nah, untuk mengetahui bagaimana proses Pembelajaran Pemanfaatan Fitur Edugame Portal Rumah Belajar dengan Model Project Based Learning (PjBL), yuk simak video berikut ini :






#Pusdatinkemdikbudristek
#RumahBelajar2021
#PembaTIK2021
#DutaRumahBelajar2021
#SahabatRumahBelajar2021
#SRBJatim2021
#BerbagiTIK

5 comments: