Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Rabu, 10 November 2021

GURU SD SE-KORWIL KEC. PARON SIAP BERLITERASI DIGITAL DENGAN MEMANFAATKAN PORTAL RUMAH BELAJAR

 





Ngawi, 8 November 2021. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) semakin penting seiring dengan perkembangan zaman menyongsong abad ke 21 dan Digitalisasi Pendidikan. Untuk itu, guru menjadi sosok penting yang harus dibekali agar dapat menguasai TIK. Guru yang mampu menguasai TIK akan mampu melaksanakan pembelajaran lebih kreatif dan inovatif. Hal itu disampaikan oleh Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Paron dalam sambutannya di hadapan guru peserta Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi TIK Pembelajaran di Aula Korwil Paron, Senin, 8 November 2021.

Kegiatan bimtek dibuka secara resmi oleh Korwil BIdang Pendidikan Kecamatan Paron Bapak Suratman, M.Pd. dan dihadiri oleh Pengawas SD Ibu Wiwik Rukmi Widayati, S.Pd., M.Pd., dan Ketua KKKS Bapak Sugiyono, S.Pd., M.Pd. Peserta bimtek berjumlah 40 orang yang terdiri dari perwakilan guru SD tiap lembaga se-Korwil Kecamatan Paron dan pengurus KKG masing-masing gugus.





Dalam kesempatan tersebut, Bapak Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Paron meminta guru-guru untuk mengikuti kegiatan bimtek sampai selesai sehingga ilmu yang diperoleh tidak setengah-setengah. Ia juga berharap guru selalu mengupdate ilmunya, meningkatkan keterampilannya di bidang TIK, serta rajin mencari referensi materi atau media pembelajaran. Di masa pandemi yang saat ini masih diterapkan pembelajaran tatap muka terbatas (PTM), guru dituntut berliterasi digital, ,mereka harus cakap dalam menggunakan media digital, seperti alat komunikasi, laptop/ komputer, jaringan internet, dan sebagainya.

Alhamdulillah dalam kesempatan ini, saya diberikan kesempatan oleh panitia bimtek untuk menjadi narasumber. Respon peserta sangat antusias dalam mengenal dan memanfaatkan fitur-fitur Portal Rumah Belajar. Di awal kegiatan bimtek, saya mengenalkan peserta untuk dapat mengakses Portal Rumah Belajar baik melalui laptop maupun gadget/handphone. Untuk dapat mengakses laman Portal Rumah Belajar, peserta saya ajari untuk mengunduh dan menginstal aplikasi Rumah Belajar di Playstore. Peserta semangat membuka berbagai fitur Rumah Belajar di Handphone mereka. Fitur yang menurut mereka sangat bermanfaat di pembelajaran saat ini adalah sumber belajar. Peserta dapat memilih materi sesuai dengan jenjang dan mata pelajaran yang diinginkan. Fitur yang membuat peserta tertarik untuk mencoba adalah Edugame karena sesuai dengan dunia anak jenjang sekolah dasar. Dan pemanfaatan Edugame ini sekaligus menjadi penutup rangkaian kegiatan bimtek.

Komitmen peserta untuk memanfaatkan Portal Rumah Belajar sangat tinggi dan mereka berjanji akan mengimbaskan hasil bimtek ini kepada guru lain di sekolah mereka. Bagi pengurus KKG yang juga menjadi peserta akan menyusun tindak lanjut kegiatan bimtek ini dengan mengadakan sosialisasi di masing-masing gugus.




Lampiran :

Dengan Portal Rumah Belajar, Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, dengan Siapa Saja.

#Pusdatinkemdikbudristek
#RumahBelajar2021
#PembaTIK2021
#DutaRumahBelajar2021
#SahabatRumahBelajar2021
#SRBJatim2021
#BerbagiTIK

5 comments:

  1. Maju terus pak Budi, bersama rumah belajar

    BalasHapus
  2. Dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar,siswa dan guru semakin semangat dalam belajar,terima kasih atas ilmunya kakak

    BalasHapus
  3. Rumah Belajar memang luarrr Biasa...terimakasih pak Budi telah berbagi ilmu...sukses buat pak Budi

    BalasHapus
  4. Terima kasih ilmunya yang luar biasa

    BalasHapus