Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Selasa, 02 November 2021

KABID PEMBINAAN DIKMEN SIAP MENDUKUNG GIAT BERBAGI DAN KOLABORASI DENGAN MGMP SMP SE-KABUPATEN NGAWI




Ngawi, 2 November 2021. Siang itu saya ada kegiatan rapat koordinasi dengan Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, diundang dalam rangka untuk penyusunan Program Digitalisasi Pendidikan bagi jenjang sekolah dasar di Kabupaten Ngawi. Setelah selesai kegiatan dengan Bidang Pendidikan Dasar, saya bertemu dengan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Menengah (Bapak Samirun, S.Pd). Selanjutnya beliau mempersilahkan saya untuk masuk ke ruang kerja beliau. Alhamdulillah bertemu dan bekerjasama dengan beliau sudah bukan yang pertama semenjak beliau menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Menengah Bidang Pendidikan Kabupaten Ngawi. Sebelumnya kami pernah bekerjasama untuk diminta sebagai narasumber dalam Pelatihan dan Sosialisasi Pemanfataan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran (SIMPEL) Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi bagi Kepala Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Operator Sekolah jenjang SMP se-Kabupaten Ngawi pada masa awal pandemi Covid 19 serta Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis TIK bagi guru SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Ngawi yang diikuti oleh Pengurus MGMP SMP semua Mata Pelajaran. 



Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan rencana program kegiatan Berbagi PembaTIK Level 4 dalam pemanfataan Portal Rumah Belajar. Setelah mendengar paparan rencana kegiatan berbagi tersebut, beliau merespon dengan baik dan sangat mendukung kegiatan PembaTIK Level 4 Berbagi. Dan beliau mengharapkan agar pengalaman dalam kegiatan PembaTIK yang diselenggrakan oleh Pusdatin Kemdikbud tidak hanya dibagikan dengan rekan-rekan guru di jenjang sekolah dasar saja, namun juga disampaikan di jenjang Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Ngawi yang merupakan wilayah binaannya. 

Setelah mempertimbangkan padatnya kegiatan yang ada dalam waktu dekat dan ketersediaan tempat dan kapasitas maksimal di masa PPKM, akhirnya beliau menyarankan untuk dilaksanakan Sosialisasi Pemanfaatan Portal Rumah Belajar bagi Guru-guru SMP se-Kabupaten Ngawi secara daring. Dan sebelum mengakhiri koordinasi saya sempatkan untuk mengenalkan Portal Rumah Belajar yang sudah saya install di Handphone. Dan karena rasa penasaran beliau juga meminta saya untuk membantu menginstalll aplikasi Rumah Belajar di Handphonenya. Beliau tidak menyangka bahwa Portal Rumah Belajar sangat banyak sekali fitur dan kontennya, yang tentunya ini akan sangat bermanfaat dan membantu guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar, utamanya di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka terbatas. Maka peran platform digital sangat dibutuhkan untuk memudahkan akses layanan pendidikan.  Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Pusat Data Teknologi dan Informasi (Pusdatin) telah menyediakan berbagai platform Digital melalui Portal Rumah Belajar yang dapat diakses secara Gratis.


Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Indonesia Maju

Dengan Portal Rumah Belajar, Belajar dimana Saja, Kapan Saja, dengan Siapa Saja.


#Pusdatinkemdikbudristek

#RumahBelajar2021

#PembaTIK2021

#DutaRumahBelajar2021

#SahabatRumahBelajar2021

#SRBJatim2021

#BerbagiTIK



0 comments:

Posting Komentar