Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Rabu, 03 November 2021

COACHING CLINIC PEMBATIK LEVEL 4 DAY-2 : PUBLIKASI KARYA TULIS DALAM PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR

 


Ngawi, 3 November 2021, waktu menunjukkan Pukul 18.39 WIB, terdengar dering sebuah pesan di Handphone, ada sebuah pesan dari kakak DRB Jatim 2020, yang mengingatkan bahwa malam ini kegiatan Coaching Clinic Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 4 hari ke-2 sesaat lagi akan dimulai. Tepat pukul 19.00 WIB, Kegiatan Coaching Clinic PembaTIK hari ke-2 dimulai. Kegiatan malam ini diawali dengan paparan progress Rencana Tindak Lanjut dari masing-masing Sahabat Rumah Belajar Tahun 2021.


Untuk kesempatan pertama alhamdulillah saya diberikan kesempatan untuk memaparkan Rencana Tindak Lanjut yang akan saya laksanakan selama kegiatan PembaTIK Level 4, ada beberapa program yang saya laksanakan mulai dari kegiatan penyusunan materi sosialisasi, koordinasi dengan atasan, Pengawas Sekolah, serta Pejabat di Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, hingga rencana kegiatan sosialisasi  baik di tingkat sekolah, Kecamatan, hingga tingkat Kabupaten, bahkan kolaborasi dan berbagi dengan sahabat rumah belajar lintas Provinsi. 



Setelah paparan Rencana Tindak Lanjut dari masing-masing Sahabat Rumah Belajar Provinsi Jawa Timur Tahun 2021, dilanjutkan dengan Paparan materi tentang Publikasi Karya Tulis dalam Pemanfaatan Portal Rumah Belajar yang disampaikan Duta Rumah Belajar Provinsi Jawa Timur Tahun 2017 Ibu Raden Roro Martiningsih, M.Pd. Pengalamannya sebagai seorang penulis tak perlu diragukan lagi, sudah banyak tulisan beliau dimuat diberbagai media, jurnal, hingga muncul dalam benak saya apa yang mengilhami beliau bisa dengan mudah menghasilkan sebuah karya tulisan. Karena sangat terlihat dari karya-karya beliau yang banyak dimuat di jurnal-jurnal ternama. Sebuah tips sederhana namun sangat luar biasa dan jarang terpikirkan, yakni jadikanlah lingkungan sekitar sebagai inspirasi, tulislah apa yang anda alami dan lakukan. dan yang lebih keren lagi beliau siap membimbing Sahabat Rumah Belajar untuk bisa berkarya membuat sebuah tulisan sampai dimuat dalam blog Pena maupun Jurnal di Kemdikbudristek.


Berikutnya, adalah paparan materi Karya Tulis Ilmiah oleh Ibu Eny Susilawati (Instruktur PembaTIK Level 4 Jawa Timur dari PTP Pusdatin Kemdikbud) tentang Media Publikasi Karya Tulis. jika kita sudah menulis artikel yang akan kita publikasikan, maka sebagai tahap final adalah mempublikasikannya. Media publikasi artikel populer dan ilmiah populer biasanya dipilih melalui media massa cetak maupun online, web, atau dapat juga melalui blog resmi lembaga. Sedangkan karya tulis ilmiah (KTI) biasanya dipublikasikan dalam format buku ilmiah, bunga rampai, majalah/jurnal ilmiah, maupun prosiding. Beberapa media publikasi serta hal–hal yang harus diperhatikan jika artikel kita ingin dimuat pada media tersebut, diantaranya :
1. Jurnal
2. Blog
3. Website Lembaga
4. Majalah/Buletin
5. Media Massa Cetak/Online




Semakin malam, biasanya mata sudah tidak bisa diajak kompromi, namun malam ini beda, materi yang satu ini sangat keren, yakni Tips Membuat Blog yang menarik yang disampaikan oleh Kakak DRB Jawa Timur 2019 (Pak. Noval Abdillah, S.Pd.Gr). Malam ini kami para Sahabat Rumah Belajar mendapat berbagai tips untuk membuat tampilan blog semakin menarik. diantaranya :
  1. Judul harus unik
  2. Struktur blog (cara menyusun)
  3. Tampilan deskripsi singkat
  4. Navigasi yang mudah
  5. White space/ Kerapatan (foto dan teks harus berimbang)
  6. Tampilkan profil medsos
  7. Judul dan sub judul
  8. Tambahkan gambar, beri warna untuk link
  9. Gunakan jenis font yg sama (maks 3 font)
  10. Pewarnaan
  11. Jaga konsistensi isi blog
  12. Responsive
Setelah paparan Tips dalam membuat blog, selanjutnya peserta PembaTIK Level diarahkan untuk masuk ke breakout room sesuai dengan kelompok masing-masing. Di tiap kelompok kita sharing dengan para pendamping untuk membahas kendala yang dihadapi dalam menyelesaikan tugas akhir, mulai dari pembuatan Vlog, Blog, serta Sosialisasi Rumah Belajar. Selanjutnya di sesi Coaching Clinic PembaTIK Level 4 hari ke-3 akan dilanjutkan dengan paparan Rencana Tindak Lanjut dari masing-masing Sahabat Rumah Belajar.





#Pusdatinkemendikbudristek
#RumahBelajar2021
#PembaTIK2021
#DutaRumahBelajar2021
#SahabatRumahBelajar2021
#SRBJatim2021
#BerbagiTIK




0 comments:

Posting Komentar