Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Kamis, 11 November 2021

SOSIALISASI DI KORWIL BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN GENENG



Ngawi, 10 November 2021, Teknologi digital hari ini telah memudahkan dunia Pendidikan dalam mengelola pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan efisien, sekarang belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja. Dalam menyiapkan pengelolaan kelas sesuai tuntutan Abad 21 dibutuhkan perangkat belajar dan media yang menarik perhatian siswa atau generasi digital. Guru dituntut untuk berliterasi digital memberikan layanan pembelajaran yang menarik, untuk itu diperlukan kompetensi dan keterampilan guru dalam menyajikan media pembelajaran yang berbasis Teknologi dan Informasi.

Sejalan dengan hal tersebut, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Geneng Ibu Endang Susilowati, M.Si., M.Pd. dalam sambutannya di hadapan guru peserta Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi TIK Pembelajaran, Rabu, 10 November 2021 bertempat di Aula SDN Baderan 2 Kecamatan Geneng.



Kegiatan bimtek dibuka secara resmi oleh Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Geneng Ibu Endang Susilowati, M.Si., M.Pd. dan dihadiri oleh Pengawas SD, dan Ketua KKKS Bapak Sali, S.Pd. Peserta bimtek berjumlah 50 orang yang terdiri dari perwakilan guru SD tiap lembaga se-Korwil Kecamatan Geneng dan pengurus KKG masing-masing gugus.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Geneng mengatakan bahwa peserta bimtek ini adalah guru-guru pilihan yang dianggap mampu menjadi garda terdepan menuju digitalisasi sekolah . Ia juga berharap guru selalu mengupdate ilmunya, meningkatkan keterampilannya di bidang TIK, serta rajin mencari referensi materi atau media pembelajaran. Di masa pandemi yang saat ini masih diterapkan pembelajaran tatap muka terbatas (PTM), guru dituntut berliterasi digital, ,mereka harus cakap dalam menggunakan media digital, seperti alat komunikasi, laptop/ komputer, jaringan internet, dan sebagainya.

Portal Rumah Belajar adalah salah satu solusi yang menghadirkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, karena di dalamnya terdapat fitur-fitur yang sangat membantu guru dan siswa agar dapat mengakses konten-konten pembelajaran yang menarik dan tentunya sesuai standar Kemdikbudristek. Di dalam Portal Rumah Belajar terdapat fitur utama dan fitur pendukung. Fitur utama terdiri dari: Sumber Belajar, Kelas Maya, Bank Soal, dan Laboratorium Maya. Sedangkan fitur pendukungnya terdiri dari: Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Blog Pena, Edugame, Dan Augmented Reality.






Alhamdulillah dalam kesempatan ini, saya diberikan kesempatan oleh panitia bimtek untuk menjadi narasumber. Respon peserta sangat antusias dalam mengenal dan memanfaatkan fitur-fitur Portal Rumah Belajar. Di awal kegiatan bimtek, saya mengenalkan peserta untuk dapat mengakses Portal Rumah Belajar baik melalui laptop maupun gadget/handphone. Untuk dapat mengakses laman Portal Rumah Belajar, peserta saya ajak untuk mengunduh dan menginstal aplikasi Rumah Belajar di playstore. Peserta semangat membuka berbagai fitur Rumah Belajar di handphone mereka. Fitur yang menurut mereka sangat bermanfaat di pembelajaran saat ini adalah sumber belajar. Peserta dapat memilih materi sesuai dengan jenjang dan mata pelajaran yang diinginkan. Fitur yang membuat peserta tertarik untuk mencoba adalah Edugame karena sesuai dengan dunia anak jenjang sekolah dasar. Dan pemanfaatan Edugame ini sekaligus menjadi penutup rangkaian kegiatan bimtek.




Komitmen peserta untuk memanfaatkan Portal Rumah Belajar sangat tinggi dan mereka berjanji akan mengimbaskan hasil bimtek ini kepada guru lain di sekolah mereka. Bagi pengurus KKG yang juga menjadi peserta akan menyusun tindak lanjut kegiatan bimtek ini dengan mengadakan sosialisasi di masing-masing gugus.



Lampiran :

Dengan Portal Rumah Belajar, Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, dengan Siapa Saja.



#Pusdatinkemdikbudristek
#RumahBelajar2021
#PembaTIK2021
#DutaRumahBelajar2021
#SahabatRumahBelajar2021
#SRBJatim2021
#BerbagiTIK









9 comments: