Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Kamis, 04 November 2021

COACHING CLINIC DAY-3 PEMBATIK LEVEL 4 BERBAGI : STRATEGI BERBAGI MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL

 


Kamis, 4 November 2021 , Coaching Cloinic Pembatik Level 4 Berbagi hari ke-3 kali ini para narasumber yang terdiri dari PTP Pusdatin Kemdikbudristek dan Duta Rumah Belajar Provinsi Jawa Timur memaparkan tentang Strategi Berbagi Memanfaatkan Media Sosial yang merupakan Modul 14 dalam Pelatihan Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 4.


Dalam kesempatan Coaching Clinic ini para peserta menerima ilmu yang sangat berharga sekali dari kakak DRB Jatim 2019 yakni Pak Noval Abdillah, S.Pd.Gr. Banyak Tips dan Trick yang beloiau bagikan kepada kita semua Sahabat Rumah Belajar Provinsi Jawa Timur Tahun 2021. Pada prinsipnya pemanfaatan media sosial untuk berbagi itu bergantung kebutuhan dan pilihan masing-masing. Pemanfaatan media sosial untuk berbagi dikatakan efektif, jika pesan/informasi/ data/ konten yang akan Saudara bagi ke orang lain, dapat tersampaikan dan dipahami oleh penerima pesan.


Media Sosial adalah suatu grup aplikasi berbasis internet yang menggunkan ideologi dan tehnologi Web 2.0, dimana pengguna dapat membuat atau bertukar informasi pada aplikasi tersebut.Beberapa media sosial yang sangat digemari dan memiliki jutaan pengguna di Indonesia adalah Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Blog, dan lainnya Pemanfaatan media sosial untuk kepentingan pembelajaran dapat membantu guru mengakomodir tuntutan merdeka belajar dan konsep personalized learning.

Langkah awalnya, harus terlebih dulu mengenal jenis dan karakteristik berbagai platform media sosial yang ada saat ini, sebagai bahan pertimbangan ketika menentukan jenis media sosial yang akan digunakan dalam pelaksanaan pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing sekolahnya.


Pemilihan aplikasi media sosial yang akan digunakan sebagai sarana berbagi termasuk dalam proses pembelajaran, sangat bergantung pada kategori type media konten yang akan dibagi ke sesama pengguna sosial media, meliputi : konten berbasis teks, audio, visual/gambar/foto/grafis, audiovisual/video, dan animasi.


Strategi utama dalam berbagi (sharing) dengan memanfaatkan media sosial adalah “Think twice Before Share”(Berpikir dua kali sebelum berbagi). Jangan asal share, pikirkan terlebih dahulu:
  • Tujuan sharing →menentukan materi dan teknik sharing
  • Sasaran berbagi → media dan metode
  • Penyiapan materi →(kemasan, kebenaran isi, kegunaan, nilai/value/kebaikan)
  • Pilihan jenis dan aplikasi media sosial
  • Teknik berbagi→kolaborasi komunitas berbagi, kolaborasi beberapa media sosial, kolaborasi dengan teknologi komunikasi yang lain
  • Sikap berbagi memanfaatkan media sosial →(Netiket dan responsif terhadap tanggapan)  



Sahabat diharapkan dapat menerapkan langkah strategi berbagi ide/pengalaman/konten/inovasi pembelajaran diatas dengan memanfaatkan mediasosial :Blog/microblog, Komunitas konten (Youtube), Situs jejaring sosial (FB, WA, Telegram, IG), dan Podcasts





#Pusdatinkemdikbudristek
#RumahBelajar2021
#PembaTIK2021
#DutaRumahBelajar2021
#SahabatRumahBelajar2021
#SRBJatim2021
#BerbagiTIK

3 comments:

  1. Semoga senantiasa diberikan kemudahan dalam meniti karier....

    BalasHapus
  2. Semoga selalu diberi kemudahan keberkahan dalam membawa negeri Ngawi Ramah menuju yang lebih baik

    BalasHapus
  3. Semoga ilmu yang kakak bagikan membawa berkah dan manfaat

    BalasHapus