Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Jumat, 05 November 2021

COACHING CLINIC PEMBATIK KEVEL 4 BERBAGI : Pembelajaran Kolaboratif dengan Aplikasi Vicon


Jum'at, 5 November 2021, tibalah pada hari ke-4 kegiatan Coaching Clinic Pembatik Level 4 Berbagi. Kegiatan dilaksanakan Pukul 19.00 - 22.00 WIB. Dengan materi pembahasan Modul 16 E-Pembelajaran Kolaboratif dengan memanfaatkan aplikasi Vicon.
 
Pada sesi pertama, materi di bawakan oleh Tutor dari Duta Rumah Belajar Jawa Timur Tahun 2020 Ibu Kiki Niken Saputri, S.Pd.Gr. Dalam paparannya Bu Kiki meyampaikan, akhir-akhir ini, konferensi video menjadi akrab dengan keseharian kita karena adanya pembatasan fisik dan sosial terkait pandemi covid-19. Contohnya, dalam pelaksanaan kegiatan Pembatik yang tengah Sahabat ikuti saat ini. Proses bimbingan dan pelatihan dalam Pembatik yang biasanya dilakukan secara tatap muka di kelas, pada tahun 2021 ini tetap harus dilakukan dalam bentuk belajar jarak jauh. Pendayagunaan teknologi diterapkan dalam pembelajaran Pembatik, sesuai dengan arahan dalam aturan penyelenggaraan pendidikan jarak jauh. 


Pembelajaran jarak jauh membuat komunikasi lansung secara tatap muka menjadi minim, bahkan bisa tidak ada. Pada pelaksanaan Pembatik 2021, pertemuan tatap muka dilakukan secara virtual dan digital, yakni melalui konferensi video. Peserta pelatihan mendapatkan penjelasan materi, bisa bertanya kepada fasilitator, serta berdiskusi.

Acara berikutnya materi dilanjutkan paparan dari pak Arif Darmawan, M.Pd, selaku Pembimbing dari Pusadatin Kemdikbudristek, yang menjelaskan tentang macam-macam aplikasi video converence. yang selanjutnya lebih pada kegiatan sharing dan diskusi.
 

Selanjutnya, ada materi pembahasan tugas sosialisasi yang disampaikan oleh Duta Rumah Belajar 2018 Pak Rachmad Effendi, M.Pd, serta Pembahasan Rencana Tindak Lanjut di dalam Breakout Room, tiap masing-masing kelompok.


 


#Pusdatinkemdikbudristek
#RumahBelajar2021
#PembaTIK2021
#DutaRumahBelajar2021
#SahabatRumahBelajar2021
#SRBJatim2021
#BerbagiTIK

4 comments:

  1. Pantang mundur, terus maju💪💪💪

    BalasHapus
  2. Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan kesempatan, untuk terus membawa kebaikan...

    BalasHapus
  3. Pak guru hebat,Teruslah berkarya untuk bangsa👍

    BalasHapus
  4. Ayo ayo ayoo kak Budi semangat kakak motivasi buat kami!

    BalasHapus