Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Senin, 31 Oktober 2022

Webinar Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Pemanfaatan Platform Teknologi PMM dan Rumah Belajar




Salah satu ciri dari implementasi Kurikulum Merdeka adalah adanya pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru perlu memikirkan tindakan yang masuk akal yang nantinya akan diambil, karena pembelajaran berdiferensiasi tidak berarti pembelajaran dengan memberikan perlakuan atau tindakan yang berbeda untuk setiap murid, maupun pembelajaran yang membedakan antara murid yang pintar dengan yang kurang pintar.

Ciri-ciri atau kerekteristik pembelajaran berdiferensiasi antara lain; lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar, kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, terdapat penilaian berkelanjutan, guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid, dan manajemen kelas efektif.




Guru dalam memenuhi kebutuhan belajar murid harus dapat memfasilitasi siswa dengan berbagai jenis konten sesuai dengan profil belajarf dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu dibutuhkan sebuah layanan yang dan metode yang tepat, salah satu layanan dari kemdikbud dan dapat dimanfaatalkan adalah Portal Rumah Belajar, yang menyediakan berbagai fitur dan konten yang dapat diakses secara gratis bagi siswa, guru, masyarakat umum. Salah satu fitur yang menyediakan berbagai konten yang dapat memfasilitasi peserta didik dalam belajar adalah fitur Sumber Belajar yang menyediakan berbagai jenis sumber belajar, baik berupa video, audio, dan konten web (MPI). Konten-konten di fitur Sumber Belajar dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dengan gaya belajar visual, auditory maupun kinestetik.

Hal ini yang melatarbelakangi saya Budi Utomo, Sahabat Rumah Belajar Jawa Timur, melakukan sosialisasi dengan tema Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Pemanfaatan Platform Teknologi Rumah Belajar dan Platform Merdeka Mengajar . Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 31 Otober 2022 secara daring melalui Live Streaming You Tube yang difasililitasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ngawi dan Organisasi Profesi PGRI Kabupaten Ngawi. Kegiatan dimulai pukul 18.30 - 19.30 WIB dibuka secara langsung oleh Bapak Ismono, M.Pd selaku Ketua PGRI Kabupaten Ngawi, kegiatan ini diikuti oleh anggota PGRI se Kabupaten Ngawi. Pada kegiatan ini saya Budi Utomo berkolaborasi dengan Bapak Purwanto, S.Kom, M.Pd selaku Ketua FGTIK Nasional.




Lampiran  :



0 comments:

Posting Komentar