Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Senin, 12 Oktober 2020

KIAT MENYUSUN PENULISAN YANG MENARIK


Tentu kita semua tidak asing lagi dengan penulis yang satu ini, ya... Asma Nadia, adalah seorang penulis novel dan cerpen Indonesia. Ia dikenal sebagai pendiri Forum Lingkar Pena dan Manajer dari Asma nadia Publishing House. 

Nah.... pada sesi Kuliah Umum PembaTIK Level 4 Berbagi kalli ini, Alhamdulillah Kak Asma Nadia berbagi dengan kita semua tentang bagaimana kiat menyusun penulisan yang menarik. 

Pada kesempatan kali ini, Guru Ngawi Ramah ingin berbagi bagaimana kiat menyusun penulisan yang menarik menurut Kak Asma Nadia.

1.  MENULIS

Menulis adalah Profesi yang memiliki fleksibilitas waktu dan tempat. Menulis merupakan kerja satu kali. Misal seperti ketika kita menulis 12 cerpen dan kita  kirim ke media sosial. Maka dari cerpen tersebut kita mendapatkan imbalan. Dan bila cerpen-cerpen tersebut kemudian dibukukan dan diterbitkan maka menjadi sebuah buku dan kita akan mendapatkan imbalan.

2.  PERLUKAH BAKAT DALAM MENULIS?

Hal-hal yang mempengaruhi menulis adalah 5% keberuntungan, 5% bakat dan 90% kerja keras.Sehingga ketika kita merasa tidak  berbakat dalam menulis, hal tersebut tidaklah menjadi hambatan. Asal kita mau memperbanyak menulis pasti kita akan m=berhasil membuat tulisan.

3.  MOTIVASI vs TEKNIK

Motivasi adalah hal penting.  Bagaimana kita memiliki alasan yg kuat dalam menulis? Alasan yang kuat tersebut akan membantu kita menyelesaikan tulisan. Kita akan berburu ide, kita akan mencari cara agar tulisan kita bisa terselesaikan.

Lantas ketika muncul  pertanyaan “bagaimana jika saat menulis kita menemui kondisi buntu dalam menulis? Buntu karena teknis atau karena jenuh?’

Buntu di sini bisa disebabkan beberapa hal. Misal buntu karena bahan belum lengkap seperti risetyang belum selesai dan  buntu karena belum mampu berlayar di dunia kata sehingga  kita harus mengacu pada KBBI.

Mencari alasan yang kuat dalam menulis menjadi sesuatu yang penting. Seperti halnya Bunda  Asma Nadia yang memiliki alasan menulis untuk membuat orang tuanya bahagia.

Motivasi lain adalah adanya keyakinan bahwa pengalaman adalah kekayaan. Setiap orang memiliki pengalaman yang menempa diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Agar setiap pengalaman itu bisa kita ceritakan pada anak cucu maka menulis pengalaman tersebut adalah hal yang tepat.

Saat sebuah pengalaman ditulis maka akan bisa dibaca dan akan ditemukan sebuah motivasi.

Selain itu ketika sebuah tulisan dibaca oleh ribuan orang dan membuat salah satu di antara mereka menjadi berubah karena membaca tulisan maka hal tersbut menjadi sebuah ladang pahala bagi penulis.

4.      Makna Menulis bagi Bunda Asma Nadia:

a.  Bukan sekedar ide bagus

b.  Berawal dr keresahan seperti novel Catatan Hati Seorang Istri, Derai sunyi, Bidadari berbisik. Novel tersebut merupakan kisah nyata yang dikemas dalam bentuk fiksi.

c.  Baku sebagai kebutuhan bukan hiburan waktu luang

 

Menulis adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Yang membedakan dengan keterampilan lain adalah bagaimana kita memiliki semangat yang kuat untuk menulis.


5.  LATIHAN MENULIS TERMUDAH

Menuliskan kisah-kisah nyata/pengalaman. Kisah nyata yang dihadirkan dalam bentuk fiksi. Kita bisa memilih pengalaman yang paling mengesankan, menyakitkan, atau membahagiakan.

Pengalaman itu kekayaan yang khas karena  hanya kita yang punya.


6.  KUNCI TULISAN YANG MENARIK

Beberapa hal yang membuat sebuah tulisan menjadi menarik diantaranya:

a.      Ide

Ide merupakan Sesuatu yg baru dan topik yang dibahas adalah hal yang dekat dengan pembaca

b.      Teknik penyajian     

    • Judul, merupakan awal membuat seseorang tertarik
    • Konflik yang kuat (gagasan yg kuat) merupakan nyawa/ruh sebuah cerita
    • Setting. Tempat terjadinya cerita.
    • Penokohan yng menarik yaitu menunjukkan karakter tokoh yang kuat. Ada perbedaan yang jelas antara karakter tokoh satu dengan yang lain.
    • Bentuk cerita (misal kebinekaaan dikemas dalam bentuk yang menarik)
    • Ending cerita yang mengesankan

 

7.  KHUSUS BUKU MENARIK = BEST SELLER

Hal-hal khusus yang membuat sebuah buku menjadi menarik yang mampu menadi Best Seller adalah:

a.   Gagasan dan isi buku yang menarik

b.   Segmentasi jelas

c.   Pembaca perempuan

d.   Sosok buku

e.   Dibutuhkan

f.    Waktu tepat

g.   Promo, perhatikan penerbitnya

h.   Sosial media

i.    Pesan (tidak hanya indah secara estetika tapi juga mewakili orang-orang yang tidak bersuara)

Baca juga : 

Kuliah Umum PembaTIK Level 4

Tips Membangun Sosial Media Yang Sukses

Kiat Sukses Bagi Para Pendidik Berkomunikasi Dengan Publik





#pembatiklevel4jatim
#pembatiklevel4
#pembatik2020
#rumahbelajar
#pusdatinkemendikbud
#merdekabelajar

 

0 comments:

Posting Komentar