Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Rabu, 21 Oktober 2020

SOSIALISASI PORTAL RUMAH BELAJAR DI KORWIL BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN KASREMAN



Ngawi, 6 - 9 Oktober 2020, Saya melaksanakan sosialisasi di KKG SD Se-Kecamatan Kasreman kabupaten Ngawi. Rumah belajar merupakan sarana yang dibuat oleh pemerintah untuk mempermudah kegiatan pembelajaran. Belajar dimana saja, Kapan saja, dengan Siapa saja. Kegiatan sosialisasi ini merupakan cara guru untuk mempersiapkan revolusi industri 4.0, dimana guru dituntut dapat memaksimalkan penggunaan gadget. Gadget merupakan sarana yang sangat sering digunakan oleh siswa, bahkan penggunaan gadget sudah melampaui penggunaan senbenarnya. Maka dari itu, gadget kita maksimalkan untuk jalur sarana pendidikan, salah satunya menggunakan portal Rumah Belajar yang dapat diakses melalui web, dan di playstore. 

Fitur utama, terdiri dari: sumber belajar, buku sekolah elektronik (bse), bank soal, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, pengembangan Keprofesian berkelanjutan dan kelas maya. Fitur Pendukung, terdiri dari : karya komunitas, karya guru, karya bahasa dan sastra. Link lainnya: TV Edukasi, suara edukasi, radio edukasi, tv edukasi on demand, Ki Hajar dan m-edukasi. 


Kegiatan sosialisai tidak hanya memperkenalkan Rumah Belajar serta fiturnya. Kegiatan sosialisasi ini juga memperkenalkan fitur di Bank soal serta pembuatan video yang diharapkan dapat mengisi kekosongan fitur pembelajaran di Rumah Belajar sebagaimana harapan pemerintah. Sehingga Rumah Belajar dapat digunakan oleh setiap sekolah di seluruh Indonesia dengan maksimal. 


Tanggapan sangat baik dari guru-guru di Kabupaten Ngawi terhadap portal Rumah Belajar. Meskipun banyak kendala yang dihadap dalam kegiatan sosialisasi Rumah Belajar tersebut, namun dengan semangatnya para guru hebat di wilayah kecamatan Kasreman.


Salam Rumah Belajar

Lampiran :







#pembatiklevel4jatim
#pembatiklevel4
#dutarumahbelajar
#rumahbelajar
#pusdatinkemendikbud
#gurupenggerak
#merdekabelajar

0 comments:

Posting Komentar