Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Minggu, 18 Oktober 2020

SOSIALISASI PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR DI KORWIL BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN PADAS

Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi menyelenggaraan kegiatan Bimbingan Teknis Pembuatan Media Pembelajaran yang dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 21 – 22 September 2020. Alhamdulillah dalam kegiatan tersebut saya diberi tugas dari Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten sebagai Narasumber dan saya gunakan kesempatan tersebut untuk sosialisasi Portal Rumah Belajar dan melaksanakan pembimbingan pembuatan video pembelajaran kepada para guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Padas. Kegiatan Bimtek Pembuatan Video Pembelajaran serta Sosialisasi Portal Rumah Belajar dilatarbelakangi oleh situasi Pandemi covid 19 serta dalam rangka peningkatan kompetensi guru untuk mewujudkan kualitas pembelajaran dan peningkatan aktivitas belajar siswa aktif. 




Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, Drs. Muhamad Taufiq Agus Susanto. Masa pandemi bukanlah halangan bagi para guru untuk terus berinovasi dan berkarya, dengan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru khususnya di bidang IT untuk bisa memberikan pelayanan  pembelajaran kepada siswa melalui pembelajaran daring. 
Sosialisasi Portal Rumah Belajar di isi dengan presentasi dan praktek pemanfaatan Portal Rumah Belajar, dilanjutkan dengan presentasi pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran (SIMPEL) yang merupakan salah satu inovasi Kabupaten Ngawi dalam pelaksanakaan pembelajaran daring di masa pandemi, guru-guru SD Kelas IV, V, dan VI se-Kecamatan Padas sangat antusias dan semangat untuk bisa menggunakan Portal Rumah Belajar dan membuat video pembelajaran. 

Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah peserta harus bisa menghasilkan sebuah karya berupa video pembelajaran dan akan dilakukan pendampingan, konsultasi dan fasilitasi bagaimana merencanakan pemanfaatan Portal Rumah Belajar dan Video Pembelajaran yang nantinya akan diunggah dalam aplikasi SIMPEL, sampai pada implementasi integrasi berbagai media inovatif pada pembelajaran daring, baik menggunakan Portal Rumah Belajar dan SIMPEL.

0 comments:

Posting Komentar