Selamat Datang di Blog GURU NGAWI RAMAH - Menginspirasi dan Berbagi - Ayo Kunjungi Portal Rumah Belajar di https://belajar.kemdikbud.go.id dan Instal aplikasi rumah belajar di Handphone - Berbagi dan Berkolaborasi Belajar Bersama di Portal Rumah Belajar - Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja
banner image

Theme 62

Rabu, 21 Oktober 2020

SOSIALISASI RUMAH BELAJAR SOLUSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KORWIL PENDIDIKAN JOGOROGO


Ngawi, 19-20 Oktober, Sosialisasi Portal Rumah Belajar di Korwil Pendidikan Kecamatan Jogorogo. Sekarang ini, terdapat perubahan paradigma pembelajaran yang dulu berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. Siswa bisa memperoleh informasi dari segala sumber, misalnya : internet, portal, instruktur, pakar, perpustakaan, guru, kelas, dan komunitasnya. Belajar tidak lagi dengan ruang yang dibatasi dengan tembok. Rumah Belajar hadir sebagai solusi belajar tanpa batas, dengan mottonya adalah belajar kapan saja, di mana saja, dan dengan siapa saja. 

Pemanfaatan Rumah Belajar tersebut penting untuk terus digerakkan. Sebagai calon Duta Rumah Belajar tahun 2020, saya memiliki kesempatan luas untuk menyosialisasikan apa dan bagaimana aplikasi Rumah Belajar tersebut digunakan. Kesempatan luar biasa ini saya manfaatkan dengan baik, di sela kesibukan yang lain tentunya. Dalam waktu yang singkat, saya coba memberikan sosialisasi tentang Rumah Belajar. 

Pada kesempatan ini saya memberikan sosialisasi kepada guru-guru SD di wilayah Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi yang bertempat di aula Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Jogorogo Ngawi. Adapun materi yang saya sampaikan saat sosialisasi menggunakan power point yaitu sebagai berikut : 
  1. Peran Pendidik dalam Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0
  2. Pentingnya literasi Digital
  3. Rumah Belajar sebagai penunjang pembelajaran di kelas
  4. Rumah Belajar untuk praktek simulasi
  5. Bagaimana mengikuti kegiatan pelatihan di pembaTIK
  6. Pengenalan fitur Rumah Belajar
Secara umum dari sosialisasi yang saya lakukan mendapatkan masukan sebagai berikut: 
  1. Semua peserta menilai fitur-fiturnya menarik, sumber belajarnya sangat interaktif apalagi dengan adanya video pembelajaran.
  2. Peserta sangat senang dipandu step by step dalam pemanfaatannya.
  3. Untuk pemanfaatan Rumah Belajar perlu pelatihan lanjutan karena waktu yang ada tidak cukup untuk melakukan aktivitas pemanfaatan fitur-fiturnya.


#pembatiklevel4jatim
#pembatiklevel4
#dutarumahbelajar
#rumahbelajar
#pusdatinkemendikbud
#gurupenggerak
#merdekabelajar

0 comments:

Posting Komentar